Home » » 10 KEUNIKAN AUSTRALIA

10 KEUNIKAN AUSTRALIA


Australia salah satu negara dengan penduduknya yang multikultur. Di negeri kangguru ini kita dapat menemukan masyarakat dari berbagai negara di dunia seperti Afrika, Asia, bahkan Amerika Selatan. Australia yang merupakan negara terbesar keenam di dunia, memiliki keunikannya tersendiri mulai dari sosiologi, geografi dan sebagainya. Berikut 10 keunikan tentang Australia yang dikutip daribagusseven.blogspot.com

1. Memiliki Pagar Dingo Terpanjang di Dunia

Dingo merupakan salah satu hewan liar yang banyak terdapat di Australia, saking liarnya mereka sangat ditakuti oleh para peternak domba wol. Dingo seringkali mencuri dan memangsa domba-domba di ladang, sehingga membuat rugi para peternak dan pembuat kain wol. Untuk mencegah kerugian dan pencurian domba, maka pemerintah Australia membangun pagar tinggi guna mengarantina Dingo sehingga tidak mendekati ladang dan peternakan masyarakat. Tidak tanggung-tanggung pagar tersebut dibangun sepanjang 5,614 Km yang mulai dibangun pada 1880’an hingga 1885. Namun pada faktanya pada 1990’an ditemukan banyak lubang-lubang di bawah pagar terpanjang di dunia tersebut.

2. Flying Doctor (Layanan Kesehatan Dokter Terbang)

Sama seperti halnya Indonesia yang memiliki masyarakat di pelosok bahkan di pulau-pulau terpencil, pemerintah Australia melalui departemen kesehatannya mengadakan layanan ‘dokter terbang.’ Dengan menggunakan pesawat kecil, para dokter diterbangkan menuju tempat-tempat di pelosok Australia. Royal Flying Doctor Service of Australia, merupakan lembaga non-profit yang membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan layanan kesehatan ke rumah sakit. Uniknya, layanan dokter terbang ini telah menjadi ikon Australia.

3. Rumah Bagi Jutaan Domba

Pada tahun 2000 menurut survey terdapat 120 juta domba yang ada di Australia. Hal ini merupakan dampak dari menurunnya permintaan benang wol. Sehingga dapat dikatakan populasi domba di Australia lebih banyak daripada manusianya.

4. Canberra Sebagai Ibu kota Australia

Banyak orang yang terkecoh dengan menyebutkan Sydney merupakan ibu kota dari Australia. Padahal sebenarnya pada 1908 Canberra, pemilihan tersebut mengalahkan dua kota terbesar yang menjadi saingannya, Sydney dan Melbourne. Meski kota yang berjarak 248 Km dari Sydney dan 483 Km dari Melbourne sebelumnya tidak dipersiapkan menjadi ibu kota Australia.

5. Peternakan Terbesar di Dunia

Fakta berikutnya mengenai Australia adalah memiliki peternakan sapi terbesar di dunia. Peternakan tersebut berada di wilayah selatan Ausralia, tepatnya di Anna Creek dengan luas area 34.000 Km3 yang sekaligus mengalahkan peternakan sapi terbesar di Belgia. Sebagai perbandingan, sebuah peternakan sapi di Amerika Serikat saja hanya memiliki luas 6.000 Km3. Anna Creek memiliki 16.000 ekor sapi, namun karena jumlahnya terlalu banyak, maka dikurangi hingga 2000 ekor sapi.

6. Gunung Salju di Australia Lebih Bersalju Dari Alpen di Swiss

Setiap musim dingin Pegunungan Alpen (salju) di Australia mendapatkan salju yang lebih banyak daripada Alpen di Swiss. Setiap pegunungan salju di Australia mulai dari wilayah timur hingga selatan, memiliki wilayah bersalju lebih banyak. Bahkan terbentang lebih dari 3.500 Km dari uta ke selatan Queensland, New South Wales dan Victoria.

7. Bangunan Organis Terbesar di Dunia

Fakta memperlihatkan bahwa Australia memiliki benteng karang yang terbesar di dunia, dan itu menjadikannya sebagai bangunan organik (alami). karang pantai tersebut membentang sepanjang 2.000 Km di Pesisir Queensland, Australia. Menjadikan kawasan Queensland menjadi salah satu wisata pantai yang menarik di Australia.

8. Sydney’s Opera House (Rumah Opera di Sydney)

Sydney Opera House merupakan bangunan dengan sentuhan ekspresionis modern yang ada di Australia. bangunan unik yang memiliki tinggi atap 75,2 meter, berdiri di lahan seluas 1,8 hektar dengan panjang bangunan 183 meter dan lebar 120 meter. Luar biasanya lagi, atap yang berlapis-lapis tersebut memiliki berat lebih dari 161.000 ton. Bangunan unik ini dirancang dan dibangun pada tahun 1957 oleg Jorn Utzon, seorang arsitektur Denmark.

9. Benua yang Memiliki 160,000 Orang Narapidana
Tidak dipungkiri lagi bahwa bangsa Inggris merupakan penjelajah terbaik di muka bumi, terbukti dengan banyaknya persemakmuran yang dimilikinya termasuk di antaranya Australia. Meski demikian fakta menyebutkan bahwa Australia memiliki nara pidana terbanyak di kawasan Oseania, yakni 160,000 orang. Bahkan ada sumber yang menyebutkan bahwa 25 % nenek moyang orang Australia merupakan pelaku kejahatan.

10. Kutub Selatan

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Australia memiliki kawasan kutub bumi yang dikenal dengan, Australian Antartic Territory (AAT) yang merupakan bagian dari Kutub Selatan. Kawasan tersebut dimiliki oleh Kerajaan Inggris namun dikelola oleh Pemerintahan Persemakmuran Australia sejak 1933. Kawasan kutub selatan yang dimiliki oleh Australia seluas 5,9 juta Km3.

0 komentar:

Poskan Komentar